Meningkatkan fungsi Banjir Kanal Timur Semarang

Sekolah Pasca Sarjana Institut Teknologi Bandung

Media release

Meningkatkan fungsi Banjir Kanal Timur Semarang

Oleh: Alecia Artita Midori dan Dasapta Erwin Irawan

Riset ini dilakukan oleh Aletia Artita Midori, mahasiswa S2 Arsitektur Lanskap ITB yang saat ini sedang menyelesaikan tesisnya. Penelitian thesis ini dilakukan di bawah bimbingan Ir. Budi Faisal, MAUD., MLA., Ph.D pada tahun 2015 dengan topik Revitalisasi Kanal Banjir Timur Semarang.

Artikel ini merupakan media release tanpa mengurangi makna originalitas riset saat akan dipublikasikan secara formal di media lain. Hasil lengkap riset ini sepenuhnya menjadi milik Midori dan pembimbingnya.  

Untuk informasi lebih lanjut silahkan melayangkan surel ke: alecia [.] artita [.] midori [@] gmail [.] com

Continue reading “Meningkatkan fungsi Banjir Kanal Timur Semarang”

Metode Pelindian Langsung dengan Injeksi Ozon: Inovasi dalam Produksi Seng

Sekolah Pascasarjana Institut Teknologi Bandung

Media Release

 

Metode Pelindian Langsung dengan Injeksi Ozon: Inovasi dalam Produksi Seng

Oleh: Bimastyaji Surya Ramadan dan Dasapta Erwin Irawan

 

Artikel ini merupakan media release tanpa mengurangi makna originalitas riset saat akan dipublikasikan secara formal di media lain. Hasil lengkap riset ini sepenuhnya menjadi milik Sdr. Kostiawan Sukamto dan tim pembimbing (Dr. Mont. M. Zaki Mubarok, ST MT dan Dr. Anto Tri Sugiarto, M.Eng).  

Untuk informasi lebih lanjut silahkan melayangkan surel ke:

kostiawans [@] gmail [.] com

Continue reading “Metode Pelindian Langsung dengan Injeksi Ozon: Inovasi dalam Produksi Seng”

Aplikasi konsep rescaling di Kawasan Metropolitan Mebidang (Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deli Serdang)

Sekolah Pasca Sarjana Institut Teknologi Bandung

Media release

Aplikasi konsep rescaling di Kawasan Metropolitan Mebidang Metropolitan (Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deli Serdang)

Oleh: Anggita Agustin dan Dasapta Erwin Irawan

Pada 2 Februari 2017 dilaksanakan Sidang Promosi S3 Dr. Anthoni Veery Mardianta dengan judul disertasi “Peran Pemerintah Daerah dalam Rescaling Pengelolaan Kawasan Metropolitan Studi Kasus: Penyelenggaraan BRT di Kawasan Mebidang”. Tim promotor: Prof. Dr. Ir. Benedictus Kombaitan, M. Sc, Ir. Heru Purboyo, DEA, Ph.D, dan Delik Hudalah, S.T., M.T., M.Sc, Ph.D. Artikel ini merupakan media release tanpa mengurangi makna originalitas riset saat akan dipublikasikan secara formal di media lain. Hasil lengkap riset ini sepenuhnya menjadi milik Dr. Anthoni Veery Mardianta dan tim promotor.  

Untuk informasi lebih lanjut silahkan melayangkan surel ke: avmpencawan@gmail.com.

Continue reading “Aplikasi konsep rescaling di Kawasan Metropolitan Mebidang (Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deli Serdang)”

Menelisik berbagai aspek pembangkit perjalanan

Sekolah Pasca Sarjana Institut Teknologi Bandung

Media release

Meninjau Aspek-Aspek Pembangkit Perjalanan

Oleh: Hamdi Alfansuri dan Dasapta Erwin Irawan

Pada 4 Februari 2017 dilaksanakan Sidang Promosi S3 Dr. Karda D. Yayat dengan judul disertasi “Pengembangan Model Bangkitan Perjalanan untuk Analisis Dampak Lalu Lintas di Indonesia (Studi Kasus: Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern di Jalan Arteri Metropolitan Bandung)”. Tim promotor: Prof. B. Kombaitan, Prof. Dr. Pradono, Dr. Heru Purboyo.

Artikel ini merupakan media release tanpa mengurangi makna originalitas riset saat akan dipublikasikan secara formal di media lain. Hasil lengkap riset ini sepenuhnya menjadi milik Dr. Karda D. Yayat dan tim promotor.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan melayangkan pesan ke akun Research Gatenya atau akun Twitternya.

Continue reading “Menelisik berbagai aspek pembangkit perjalanan”

Mencuci tanah

Sekolah Pasca Sarjana Institut Teknologi Bandung

Media release

Cuci Baju Sudah Biasa, Bagaimana dengan Cuci Tanah?

Oleh: Bimastyaji Surya Ramadan dan Dasapta Erwin Irawan

Riset ini dilakukan oleh Hadrah, mahasiswa S2 Teknik Lingkungan ITB yang saat ini berprofesi sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia. Penelitian thesis ini dilakukan di bawah bimbingan Agus Jatnika Effendi, PhD pada tahun 2015 dengan judul Optimasi rasio solid/liquid pada teknik soil washing tanah terkontaminasi minyak dari proses eksplorasi minyak bumi.

Artikel ini merupakan media release tanpa mengurangi makna originalitas riset saat akan dipublikasikan secara formal di media lain. Hasil lengkap riset ini sepenuhnya menjadi milik Hadrah dan tim risetnya.  

Untuk informasi lebih lanjut silahkan melayangkan surel ke: hadrah [.] hasan [@] gmail [.] com

Continue reading “Mencuci tanah”

Mengekstrak Pola Perjalanan Masyarakat Perkotaan

Sekolah Pasca Sarjana Institut Teknologi Bandung

Media release

Mengekstrak Pola Perjalanan Masyarakat Perkotaan

Oleh: Anggita Agustin dan Dasapta Erwin Irawan

Pada 20 Januari 2017 dilaksanakan Sidang Promosi S3 Dr. Melawaty Agustien dengan judul disertasi “Kajian Perilaku Perjalanan Berdasarkan Aktivitas dan Aplikasinya Pada Upaya Peningkatan Pelayanan Transportasi”. Tim promotor : Prof. Ir. Ade Sjafruddin, M.Sc., Ph.D, Ir. Harun A.S.Lubis, M.Sc., Ph.D, Ir. Sony S Wibowo, M.Eng., Ph.D. Artikel ini merupakan media release tanpa mengurangi makna originalitas riset saat akan dipublikasikan secara formal di media lain. Hasil lengkap riset ini sepenuhnya menjadi milik Dr. Melawaty Agustien dan tim promotor.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan melayangkan surel ke: melawaty15 [@] gmail [.] com

Pernahkah Anda terpikir untuk mempelajari pola pergerakan kita dari waktu ke waktu, dari rumah ke tempat tujuan, menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Mungkin akan terasa membosankan. Tetapi di mata seorang ahli transportasi, Dr. Melawaty Agustien, memodelkan perilaku perjalanan masyarakat (trip distribution model) adalah sesuai yang menarik. Salah satunya adalah untuk meningkatkan kualitas transportasi di Kota Palembang.

Model perjalanan sudah banyak dikembangkan oleh banyak peneliti, tetapi di Indonesia model ini belum banyak dikenal. Model yang dibuat oleh Dr. Agustien berskala kecil dengan responden berjumlah 300 orang. Aktivitas yang diukur dalam penelitian adalah aktivitas luar rumah selain bekerja (out of home non-work activities). Model mikro ini akan menarik jika dikembangkan dan diterapkan  di kota megapolitan. Menurut Dr. Agustien menerapkan model penelitian ini dapat diaplikasikan untuk mengkaji pola transportasi masyarakat kota besar lainnya, seperti Jakarta.

Dalam pembuatan model Dr. Agustien membagi aktivitas bekerja menjadi dua komponen, yaitu: waktu perjalanan dan durasinya, pada beberapa kategori: kelompok usia, profesi, ukuran anggota keluarga, jumlah kepemilikan kendaraan, dan pendapatan rumah tangga.

Beberapa hasil yang didapatkan adalah bahwa kegiatan bersosialisasi adalah kegiatan paling sering dilakukan sebagai aktivitas selain bekerja. Yang menarik adalah bahwa perjalanan tergolong perawatan kendaraan (vehicle maintenance) atau ke bengkel adalah kegiatan kedua tertinggi. Durasi kegiatan paling tinggi adalah antara 1 hingga 3 jam.

Gambar 1 Persentase untuk kegiatan selain bekerja (Agustien et al., 2015).

Gambar 2 Persentase untuk durasi kegiatan selain bekerja (Agustien et al., 2015).

Karakteristik perjalanan masyarakat Palembang tidak hanya dipengaruhi oleh atribut sosial ekonomi tetapi juga jenis dan alokasi waktu aktivitas. Model ini juga membuktikan bahwa konsep menyatukan segala aktivitas pada satu lokasi tidak dapat memperbaiki pelayanan transportasi perkotaan secara umum.

Apabila model perjalanan ini diterapkan di Kota Palembang, maka  akan membantu pemerintah untuk membuat kebijakan transportasi yang lebih efisien dan dampaknya dapat mengurangi polusi.

Adapun upaya peningkatan pelayanan transportasi hasil model yang disarankan oleh Dr. Agustien adalah sebagai berikut:

  1. Bahwa sistem rute transportasi perlu mempertimbangkan jarak antara fasilitas komersial dengan perumahan.
  2. Memaksimalkan pelayanan jam operasional angkutan umum untuk melayani kegiatan masyarakat kategori “selain bekerja”.
  3. Manajemen lalu lintas di daerah perkantoran dengan cara membatasi angkutan pribadi.
  4. model diskrit dapat dikembangkan dengan menambah variabel variasi alternatif pilihan aktivitas, kombinasi jadwal serta pilihan moda transportasi.

 

Sekilas Dr. Melawaty Agustien

Dr. Melawaty Agustien merupakan staf pengajar di Jurusan Teknik Sipil, Universitas Sriwijaya sejak tahun 2000. Beliau merupakan anggota Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) dan anggota Eastern Asia Society for Transportation Studies (EASTS). Pendidikan sarjananya diselesaikan di Universitas Padjadjaran pada tahun 1997 sedangkan pendidikan magister di Institut Teknologi Bandung pada tahun 1999.

Salah satu publikasi yang dihasilkan dari penelitian adalah:

Agustien, M., Sjafruddin, A., Lubis, H.A.R.,Wibowo, S.S. (2015) An analysis of out-of-home non-work activity time use and timing behaviour based on work schedule and trip time, The 5th International Conference of Euro Asia Civil Engineering Forum (EACEF-5), Procedia Engineering 125 ( 2015 ) 504 – 511, doi: 10.1016/j.proeng.2015.11.044.

 

 

Blast from the past: mikroskop jadul menjadi digital

Anda mungkin pernah melihat mikroskop ini. Satu-satunya tempat yang paling mungkin adalah di musium. Selain di musium anda juga bisa melihatnya di ITB karena alat optik ini dimiliki oleh Lab. Petrologi (Prodi Geologi ITB) yang diketuai oleh Prof. Emmy Suparka. Sekilas mikroskop yang dibuat pada tahun 1912 an ini nampak seperti Lampu Aladin bukan.

Continue reading “Blast from the past: mikroskop jadul menjadi digital”

Dr. Kustiati Kusno: our interview with one of Indonesia’s bug lady

This post will the third one in new ITB PhDs, the first one was Dr. Dwiharso Nugroho and the second was Dr. Keu Keu Rosada.

Post ini masih dalam rangka event mendunia Celebrating Women in STEM dan Open Access Week 2016 (#OAWeek2016). Untuk dicatat, Bu Kus aktif dalam kegiatan open science. Bersama Bu Keu Keu dan saya, kami mencoba membuat citation style ITB yang akan membantu warga kampus untuk membuat skripsi, tesis, dan disertasi.

So here’s another entomologists in the playground, Dr. Kustiati Kusno. Continue reading “Dr. Kustiati Kusno: our interview with one of Indonesia’s bug lady”

Few recent facts on children obesity in Indonesia

Setelah dalam beberapa post sebelumnya “Tim Reporter” mengekspose riset S3 di dalam negeri, khususnya di ITB, kali ini kami akan mengulas sedikit riset tentang kesehatan masyarakat dari luar negeri, University of Sydney tepatnya, dengan tema obesitas. Lebih spesifik lagi adalah obesitas pada anak (children obesity). Penelitian ini dilakukan oleh dr. Cut Novianti Rachmi, MIPH (ORCID, Google Scholar) sejak tahun 2014, di bawah bimbingan: Prof. Louise Baur, Prof. Mu Li, dan Dr. Kingsley Agho. Ketiganya merupakan kombinasi akhir kesehatan masyarakat, kesehatan anak, obesitas, dan biostatistik.

Metode yang digunakan merupakan kombinasi analisis kuantitatif (statistik) terhadap data sekunder yang terbuka Indonesia Family Life Survey yang dirilis oleh RAND Corporation dan pendekatan kualitatif melalui Focus Group Discussions dan in-depth interview.
Setelah hampir tiga tahun berjibaku dengan risetnya, Bu Putri, demikian ia biasa dipanggil telah menghasilkan tiga point penting (yang masih akan terus bertambah) yang menjelaskan kondisi penyakit obesitas di Indonesia.

Continue reading “Few recent facts on children obesity in Indonesia”