Tentang Program Magister

Program Magister INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG telah memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan merupakan program pendidikan bergelar setelah Program Sarjana. Program Magister ITB telah diselenggarakan selama 36 tahun dan pengelolaannya berada di bawah Sekolah Pascasarjana ITB. Hingga saat ini program pendidikan magister di ITB telah menghasilkan lebih dari 28.883 lulusan magister dari berbagai program studi.

Tujuan Pendidikan Program Magister adalah untuk meningkatkan taraf penguasaan ilmu dan kemampuan yang telah diperoleh peserta selama pendidikan tingkat Sarjana, agar lebih aktif dan berperan, baik dalam penguasaan ilmunya maupun dalam penerapannya. Untuk mencapai tujuan ini, walaupun mahasiswa terbuka untuk memilih salah satu bidang khusus tertentu, penguasaan wawasan program secara menyeluruh tetap dijaga agar para lulusannya tetap dapat bergerak secara lincah di dalam lingkup pekerjaannya.

Program pendidikan Magister ITB memiliki orientasi: a) bersifat keilmuan, yang lebih ditekankan pada kemampuan pengembangan ilmu secara lebih mendalam, b) berorientasi terapan yang lebih ditekankan pada kemampuan penerapan ilmu secara profesional. Program pendidikan Magister dirancang dengan beban akademik minimal 36 SKS, untuk diselesaikan dalam waktu 4 semester (2 tahun). Beban akademik normal pada setiap semester berkisar antara 9 SKS hingga 12 SKS, sehingga keseluruhan program dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 4 semester