Tedjo Narko Perwira TNI AU meraih Gelar Doktor Farmasi dengan Meneliti Minuman Kesehatan Kombucha Coffee Sebagai Penurun Berat Badan

tedjo
Letkol Kes. Dr.  apt. Tedjo Narko, M.Si., M.Si (AP), atau kerap dipanggil Pak Tedjo  bermimpi meraih Gelar Doktor sejak kecil. Berangkat pula dari keinginannya memberikan contoh kepada anak,  agar termotivasi belajar, Pak Tedjo  memulai studi di Sekolah Farmasi Tahun 2016. Setelah sebelumnya  berhasil merampungkan studi Sarjana  Farmasi di sebuah PTN Surabaya, dan Program Magister  Farmasi Sekolah Farmasi ITB. Tak hanya dalam Bidang Farmasi, kecintaannya menuntut ilmu yang menunjang pekerjaan Pak Tedjo buktikan dengan menempuh Program Magister Administrasi Publik di  PTN  Bandung.

Tak kenal, maka tak suka. Nampaknya hal itu sangat tepat untuk Pak Tedjo yang semula tidak  mengenal apa itu kombucha, objek penelitiannya. Bagaimana bentuknya, bagaimana membuatnya, dimana mencarinya dan untuk apa. Tidak pernah terbayangkan.  Tekadnya bulat meneliti kombucha dengan banyak membaca literatur. Dan akhirnya disertasi tentang Kombucha sebagai minuman kesehatan sebagai penurun berat badan berhasil diteliti, dengan bimbingan Prof. Marlia Singgih, Dr. rer. nat Sophi Damayanti, dan Dr. Indra Wibowo.

Meneliti Kombucha yang merupakan hal baru bagi Pak Tedjo, bukan tanpa hambatan. Kombucha adalah ilmu baru yang berbeda dengan yang dipelajarinya saat program sarjana dan magister yang menguji toksisitas akut dengan menggunakan zebrafish.  Berkat ketekunannya, jurnal internasional tentang penelitian Kombucha  berhasil publish di Tahun 2020 pada  Journal of Chemistry dan Pharmacognosy Journal,  juga publish di Coffee Science.  Keberhasilannya diraih setelah  12 kali rejected. Selain itu pernah menerima penghargaan Best Poster di Seminar Internasional. Luar biasa tekun.

Pak Tedjo sedikit berkisah mengenai kendala dalam  menulis jurnal, yaitu  memulai  menulis itu sendiri, dipaksa tepatnya  agar mau mengerjakan. Penyuka olah raga bulu tangkis, lari dan volley  ini  telah berhasil menyelesaikan studi Program Doktor Farmasi, dengan  predikat “Cum Laude”. Meraih mimpinya yang tersimpan rapi sejak dahulu.  Kini Pak Tedjo  bersiap menikmati hasil kerja kerasnya, kembali mengajar dan bekerja di RSPAU HARDJOLUKITO Jogyakarta  sebagai  Kepala Bagian Instalasi Farmasi.

Ada pesan dari  apa yang telah dilalui  Pak Tedjo.  Apabila telah memilih sesuatu, maka bertanggung jawab penuh atas pilihan  itu,  jangan berhenti hingga selesai.

Selamat kembali bertugas Pak Tedjo,  berkaca dari Bapak bahwa  impian menjadi  pondasi atas  kesuksesan,  dan saat  keluar dari  zona nyaman, hakikatnya  melebarkan zona nyaman dan memperbaiki diri.

 

Penulis : Ani Hamidah

tedjo6

Saat sedang mempertahankan disertasi tentang Kombucha Coffee

tedjo2

Berfoto bersama Tim Pembimbing  Program Doktor

tedjo3

Sesaat setelah menguji Sidang Karya Tulis Mahasiswa DII Farmasi Poltekkes TNI AU Ciumbuleuit

tedjo4

Saat  meneliti  Kombucha Coffee di Sekolah Farmasi ITB

tedjo5

Foto  bersama peserta  seminar internasional di Universitas Airlangga tahun 2019

Berita Terkait