Pedoman Tesis dan Disertasi

Terlampir format penulisan tesis, proposal disertasi, dan disertasi

WAJIB DIKETAHUI
Mohon untuk dapat dicermati dan diperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Lakukan pencetakan untuk 1 (satu) halaman terlebih dahulu, mohon mengukur ulang ukuran batas tepi (margin) sesuai dengan ketentuan pedoman penulisan disertasi ITB, yaitu: dengan melakukan pengukuran secara langsung pada lembar yang telah dicetak. Jika terdapat perbedaan lakukan pengaturan ulang pada alat cetak yang Saudara/i gunakan. Disarankan untuk melakukan pencetakan dengan menggunakan mesin cetak biasa (printer) kemudian diperbanyak menggunakan mesin fotokopi (kecuali pada halaman-halaman bergambar, dalam hal ini sangat tidak disarankan untuk menggunakan lembar hasil mesin fotokopi).
  2. Istilah “1 spasi” merujuk pada satu kali tombol enter digunakan dengan format jenis huruf yang digunakan sama dengan baris sebelumnya, sedangkan ukuran masing-masing spasi ditunjukan dengan istilah “spasi 1” atau “spasi 1,5”.
  3. Perhatikan format Disertasi/Proposal Distertasi/Tesis diantaranya: Ukuran huruf, ukuran spasi, ketentuan jumlah spasi (Enter), ukuran logo ITB, batas tepi halaman, penomoran halaman, judul gambar, cara penulisan rumus, penomoran rumus, penggunaan huruf besar dan huruf kecil, urutan singkatan, urutan symbol, penomoran judul bab serta anak bab, tata cara mensitasi dan penulisan sumber pustaka, penulisan judul yang melebihi satu baris penulisan judul yang kurang dari atau sama dengan satu baris, jenis kertas termasuk ukuran dan beratnya, kertas sampul serta warna tinta. Apabila terdapat gambar yang menyebabkan tinta menembus ke halaman belakang, maka dapat digunakan kertas dengan berat lebih dari 80 gram atau kertas khusus untuk keperluan mencetak gambar atau foto. Cek secara visual proporsionalitas format, halaman judul, lembar pengesahan.
  4. Mohon memperhatikan perubahan ukuran huruf, batas tepi serta format yang lain ketika melakukan konversi jenis file, misalnya konversi dari MS word ke file PDF. Mohon diperhatikan apabila terdapat perubahan visual setelah proses pencetakan.
  5. Pengecekan secara visual dan urutan lembar halaman judul secara umum dapat mengacu pada Petunjuk Teknis Penulisan Poposal Disertasi, Disertasi dan Tesis.
  6. Sekolah Pascasarjana (SPs) ITB telah menyediakan :
    a.Buku Pedoman Penulisan Disertasi, Proposal Disertasi dan Tesis
    b.Template Penulisan Disertasi, Proposal Disertasi dan Tesis
    c.Petunjuk Teknis Penulisan Disertasi, Proposal Disertasi dan Tesis
    d.Daftar pengecekan format Penulisan Disertasi, Proposal Disertasi dan Tesis
    File-file tersebut dapat diakses di http://www.sps.itb.ac.id

Tesis S2:

1. Pedoman Tesis Magister (2016).
2. Petunjuk Teknis Tesis (2017)
3. Petunjuk Teknis Tesis Bolak Balik (2017)
4. Template Tesis (2017)
5. Template Tesis Bolak Balik (2017)

Disertasi S3:

1. Proposal Disertasi

2. Disertasi

3. Ringkasan Disertasi (Buku Putih)

Apabila ada saran dan pertanyaan terkait petunjuk teknis, pedoman dan template, silahkan e-mail ke spspedoman@sps.itb.ac.id