Fakultas dan Sekolah

itb_at_a_glance

1. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dari Institut Teknologi Bandung (ITB) menawarkan pendidikan di empat cabang disiplin ilmu, yaitu Astronomi, Kimia, Matematika dan Fisika. Gelar pascasarjana ditawarkan dalam empat disiplin ilmu melalui jalur sains murni dan terapan.

Read More

Program pascasarjana yang ditawarkan oleh FMIPA secara langsung terkait dengan penelitian di sub-divisi tersebut. Siswa didorong untuk terlibat dalam penelitian, untuk mendapatkan manfaat dari lingkungannya yang penuh dengan upaya ilmiah. FMIPA menawarkan program pascasarjana berikut:

1. Magister dan Doktor di Astronomi
2. Magister dan Doktor di bidang Matematika
3. Magister dan Doktor di bidang Kimia
4. Magister dan Doktor dalam Fisika
5. Magister dan Doktor dalam Ilmu dan Rekayasa Nuklir
6. Magister Ilmu Komputasi
7. Magister Ilmu Aktuaria
8. Magister Pengajaran Matematika
9. Magister Pengajaran Kimia
10. Magister Pengajaran Fisika

FMIPA melayani pendidikan para profesional dengan menawarkan program pascasarjana seperti Program Magister dalam Ilmu Aktuaria bagi mereka yang ingin memasuki industri asuransi cepat tumbuh dan Program Magister dalam Pengajaran Matematika / Kimia / Fisika, untuk pendidik dan guru yang ingin meningkatkan pengetahuan dan kompetensi mereka , untuk memajukan karir mereka.

FMIPA

Kegiatan di FMIPA

Read Less


2. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH)

Pada abad ke-21, para profesional dalam ilmu kehidupan memainkan peran penting dalam pengembangan bioscience, bioteknologi, dan manajemen sumber daya alam (bio-manajemen). Bahkan, bioteknologi telah diproyeksikan menjadi salah satu ilmu terapan yang paling penting.

Read More

Sekolah menawarkan program pascasarjana berikut:

  1. Program Magister dan Program Doktor dalam Biologi
    Ada tiga jalur penelitian yang dapat ditempuh siswa:
    (1) Sel dan Biologi Molekuler
    (2) Biologi Organisme
    (3) Biologi Lingkungan
  2. Program Magister Bioteknologi
    Menekankan pada pengembangan bioproduk bernilai tinggi untuk aplikasi di bidang kesehatan, pertanian, lingkungan, dan energi.
  3. Program Magister Bio Manajemen
    Program ini dikembangkan untuk menanggapi permintaan bagi para profesional yang mampu menggunakan pendekatan interdisipliner  dalam mencari solusi untuk sumber daya hayati tropis dan masalah pengelolaan lingkungan, yang seringkali kompleks dan bersifat multi-dimensi. Sekolah Bisnis dan Manajemen-ITB mendukung program ini untuk mata pelajaran yang berkaitan dengan ekonomi, bisnis dan manajemen. Pelamar yang memiliki gelar sarjana dari berbagai disiplin ilmu disambut.

SITH

Kegiatan SITH

Read Less


3. Sekolah Farmasi (SF)

Sekolah Farmasi, Institut Teknologi Bandung, dibagi menjadi lima kelompok penelitian — Biologi Farmasi, Farmakokimia, Farmakologi dan Farmasi Klinik, Farmakutik, dan Ilmu Olah Raga. Para ilmuwan di sekolah tersebut terlibat dalam banyak studi lanjutan bekerja sama dengan laboratorium dan universitas internasional. Beberapa penelitian mutakhir yang dilakukan oleh Sekolah termasuk pengembangan sistem pengiriman obat baru, pemanfaatan sumber daya tanaman alami Indonesia yang luas, dan penyelidikan senyawa timbal baru, membuka jalan bagi penemuan obat-obatan baru.

Read More

Program pascasarjana sekolah membekali para lulusan dengan keterampilan ilmiah dan profesional, sehingga mereka memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri dalam lingkup ilmu interdisipliner yang lebih luas, dan dengan kemampuan untuk menerapkan keterampilan dan pengetahuan mereka kepada masyarakat dan bangsa.

Fakultas Farmasi menawarkan hal-hal berikut:

  1. Program Magister dan Doktor di Farmasi
    dengan pilihan dalam Farmakokimia (Farmasi Kimia, Analisis Keamanan Pangan, Kimia Obat), Farmasetika (Teknologi Farmasi, Biofarmasi, Farmakokinetik, Farmasi Bioteknologi), Farmasi Produk Alami (Farmakognosi, Fitokimia, Teknologi Produk Alami, Bioteknologi Tanaman Obat), dan Farmakologi-Toksikologi (Farmakologi, Farmasi Rumah Sakit)
  2. Program Magister Ilmu Olah Raga.
  3. Program Magister Farmasi Industri

Dalam kelanjutan pengembangan profesional, Sekolah Farmasi menawarkan pendidikan Profesi Apoteker, program satu tahun di luar program sarjana di bidang farmasi.

SF

Kegiatan SF

Read Less


4. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)

Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (Fakultas Teknik Perminyakan dan Pertambangan, FTTM-ITB) didirikan pada tahun 2007. Namun, sejarahnya ditelusuri kembali ke tahun 1948 sebagai program di bawah Fakultas Teknik. Melalui serangkaian
reorganisasi FTTM saat ini muncul. Saat ini FTTM ITB mewujudkan lima bidang studi, yaitu Pertambangan, Teknik Perminyakan, Teknik Geofisika, Metalurgi, dan Teknik Geothermal.

Read More

Saat ini FTTM ITB memiliki delapan kelompok penelitian: Eksplorasi Sumber Daya Bumi, Penambangan, Manajemen Produksi-Pengeboran Minyak, Teknik Reservoir, Teknik Metalurgi, Teknik Geofisika Terapan dan Eksplorasi, Geofisika Global, dan Seismologi Eksplorasi dan Rekayasa.

FTTM menawarkan program pascasarjana berikut:

  1. Program Magister dan Doktoral di Teknik Perminyakan
  2. Program Magister dan Program Doktor di Teknik Pertambangan, dengan konsentrasi di Manajemen Mineral & Batubara dan Ekonomi, Geomekanik
  3. Program Magister dan Program Doktor dalam Teknik Geofisika
  4. Program Magister Teknik Geothermal
  5. Program Magister Teknik Metalurgi

FTTM

Kegiatan FTTM

Read Less


5. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB)

Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian), yang dikenal sebagai FEST (FITB), secara resmi didirikan pada Agustus 2007. FEST saat ini merupakan rumah bagi lima disiplin ilmu, yaitu Teknik Geologi, Oseanografi, Meteorologi, Geodetik, dan Teknik Geomatika. , dan Teknik Air Tanah. Pendidikan di FEST dirancang untuk menghasilkan lulusan yang mampu yang berwawasan lingkungan, didorong oleh teknologi, dan memiliki daya saing yang kuat, untuk melayani ilmu dan teknologi bumi, dan bidang terkait. Penelitian yang dilakukan di fakultas juga memperhitungkan sifat unik kepulauan Indonesia atau benua maritim. Salah satu tujuan penelitian adalah untuk mendukung dan memperkaya kurikulum pendidikan dan untuk meningkatkan kualitas lulusan FEST.

Read More

FEST didukung oleh 103 anggota staf akademik dengan lebih dari 80% memegang gelar PhD. Staf akademik dikelompokkan menjadi delapan kelompok penelitian, yaitu Geologi, Geologi Terapan, Oseanografi, Ilmu Atmosfer, Geodesi, Ilmu dan Sistem Rekayasa Pesisir dan Lautan, Survei dan Kadastral dan Penginderaan Jauh dan Ilmu Informasi Geografis.

Program pascasarjana berikut ditawarkan:

  1. Program Magister dan Doktoral dalam Teknik Geologi
    dengan pilihan dalam Geologi Umum, Geologi Perminyakan, Geologi Teknik dan Geologi Ekonomi
  2. Program Magister dan Doktor dalam Ilmu Bumi
    dengan pilihan dalam Oseanografi Fisik dan Ilmu Atmosfer
  3. Master di Teknik Air Tanah
  4. Program Magister dan Doktoral dalam Geodetik dan Teknik Geomatika
    Dengan opsi dalam Geodesi, Geomatika, Administrasi Pertanahan, Manajemen Risiko Bencana berbasis Geospasial, dan Teknik Maritim.

FITB

Kegiatan FITB

Read Less


6. Fakultas Teknologi Industri (FTI)

Fakultas Teknologi Industri (Fakultas Teknologi Industri-FTI), Institut Teknologi Bandung didirikan pada tahun 1973. Fakultas ini adalah rumah bagi empat disiplin ilmu teknik, yaitu: Teknik Kimia, Teknik Fisika, Instrumentasi dan Kontrol, dan Manajemen Industri.

Read More

Fakultas ini diselenggarakan dalam delapan kelompok penelitian sebagai berikut:

  1. Desain dan Pengembangan Proses Teknik Kimia
  2. Desain dan Pengembangan Produk Teknik Kimia
  3. Sistem Pengolahan Energi dan Teknik Kimia
  4. Fisika Teknik
  5. Instrumentasi dan Kontrol
  6. Sistem Manufaktur
  7. Manajemen Industri
  8. Sistem Industri dan Teknologi Ekonomi

FTI menawarkan program pascasarjana berikut:

  1. Master dan Doktor di bidang Teknik Kimia
    dengan spesialisasi dalam: Teknologi Kimia, Teknik Proses, Teknologi Bioproses, Bioenergi
    Teknologi, Teknologi Reaksi Kimia, Teknologi Proses Elektrokimia
  2. Master dan Doktor dalam Fisika Teknik
    dengan spesialisasi dalam Proses Otomasi Industri, Fisika Bangunan, dan Proses Komputasi dan Material
  3. Master dalam Instrumentasi dan Kontrol
  4. Master dan Doktor di bidang Teknik dan Manajemen Industri
    dengan lima spesialisasi: Sistem Manufaktur, Ergonomi dan Rekayasa Kinerja, Manajemen Industri, Sistem Informasi Perusahaan, serta Sistem Industri dan Rantai Pasokan
  5. Master dalam Logistik Berorientasi Aplikasi

FTI

Kegiatan FTI

Read Less


7. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) atau Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), Institut Teknologi Bandung didirikan pada 2008, dalam reorganisasi ITB. Sebelumnya, FTMD adalah bagian dari Fakultas Teknik Industri (FTI).

Read More


FMAE menawarkan program pascasarjana berikut:

  1. Program Magister dan Doktor di bidang Teknik Mesin
  2. Program Magister dan Doktor dalam Teknik Dirgantara
  3. Program Magister dan Doktoral dalam Ilmu dan Teknologi Material

Terlepas dari program reguler, FTMD juga menawarkan Program Gelar Master dan Doktoral dengan mitra berikut:

  1. Universitas Teknik Ceko (CTU) di Praha, Republik Ceko
  2. University of Twente, Belanda
  3. Institut Sains dan Teknologi Korea (KAIST), Republik Korea
  4. Universitas Hiroshima, Jepang

FTMD

Kegiatan FTMD

Read Less


8. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) 

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, STEI) Instut Teknologi Bandung secara resmi didirikan pada 1 Januari 2006. Ini adalah penggabungan dua departemen di ITB, yaitu Departemen Teknik Listrik dan Departemen Informatika. Kedua departemen ini memiliki sejarah panjang dalam mendirikan pendidikan tinggi di Indonesia di bidang Teknik Elektro (sejak 1947) dan Informatika (sejak 1982).

Read More


Program pascasarjana STEI berorientasi pada penelitian dengan tujuan untuk mengembangkan dan mendidik lulusan untuk memiliki tingkat integritas, kreativitas, dan kemampuan yang tinggi untuk terus belajar tidak hanya bagaimana menjadi adaptif dalam
mengubah sains dan teknologi, tetapi juga bagaimana menerapkan pengetahuan tersebut ke profesi mereka; sehingga mereka dapat berkontribusi pada pengetahuan di bidang Teknik Elektro dan Informatika untuk mendukung pembangunan Indonesia.

STEI menawarkan program pascasarjana berikut:

  1. Program Magister dan Doktor di bidang Teknik Listrik
    dengan konsentrasi sebagai berikut: Tenaga Listrik, Telekomunikasi, Telematika dan Jaringan Telekomunikasi, Teknik Komputer, Elektronik,
  2. Teknik Biomedis, Teknik Kontrol dan Sistem Cerdas, Teknik Media dan Game Digital, Teknik dan Manajemen Keamanan Informasi, Kepemimpinan Teknologi Informasi, dan Layanan Teknologi Informasi .
  3. Program Magister dan Doktor di Informatika
    dengan konsentrasi sebagai berikut: Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Ilmu Komputer, Teknologi Media dan Perangkat Bergerak, Komputasi Kinerja Tinggi, Bisnis Cerdas, dan Sistem Keamanan Perangkat Lunak.

STEI

Kegiatan STEI

Read Less


9. Faculty of Civil and Environmental Engineering (FTSL)

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Teknologi Bandung (FTSL-ITB) saat ini memiliki tiga disiplin ilmu, yaitu: Teknik Sipil, Teknik Kelautan, dan Teknik Lingkungan. Kegiatan akademik di FTSL-ITB terdiri dari; pendidikan, penelitian, dan layanan kepada masyarakat, untuk mendukung pengembangan infrastruktur berkelanjutan dan membangun lingkungan sebagai persyaratan dasar untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan bangsa.

Read More


Kegiatan akademik dilakukan oleh anggota fakultas FTSL, dalam sepuluh kelompok penelitian:

  1. Rekayasa Struktural
  2. Teknik Geotek
  3. Rekayasa Sumber Daya Air
  4. Rekayasa Transportasi
  5. Rekayasa & Manajemen Konstruksi
  6. Rekayasa Pesisir
  7. Rekayasa Lepas Pantai
  8. Rekayasa Air & Air Limbah
  9. Manajemen Udara & Limbah
  10. Teknologi Manajemen Lingkungan

FTSL menjalankan sejumlah program pascasarjana:

  1. Master dan Doktor di bidang Teknik Sipil
    dengan spesialisasi dalam Rekayasa Struktural, Teknik Sumber Daya Air, Teknik Geoteknik, Teknik Transportasi, Teknik dan Manajemen Konstruksi, serta Teknik dan Manajemen Infrastruktur
  2. Master dan Doktor di bidang Teknik Lingkungan
    dengan spesialisasi dalam perlindungan dan manajemen lingkungan; pembangunan berkelanjutan, dan infrastruktur sanitasi
  3. Magister Teknik Kelautan
    Saat ini program ini menawarkan dua bidang khusus: Teknik Pesisir dan Teknik Lepas Pantai
  4. Program Master Profesional Dalam Manajemen Sumber Daya Air
    Program ini membekali siswa untuk menjadi praktisi ahli dan spesialis manajemen sumber daya air, terutama di daerah tropis
  5. Master dalam Rekayasa dan Pengembangan Jalan Raya
  6. Program Magister Manajemen Infrastruktur Air Minum dan Sanitasi

FTSL

Kegiatan FTSL


Read Less


10. Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)

SAPPK ITB memiliki hubungan luas dan perjanjian pertukaran dengan sejumlah universitas internasional terkemuka di Eropa, Asia, Australia dan Amerika Serikat. Seiring dengan program Gelar Ganda yang sebelumnya didirikan dengan universitas di Belanda (Groningen, Twente / ITC) dan Jepang (Ritsumeikan, Keio, Miyazaki, Yamaguchi), mulai tahun 2012 SAPPK memulai program baru termasuk pertukaran pelajar, perkemahan musim panas (desain bersama internasional) / studio perencanaan), penelitian kolaboratif, dan program gelar dobel dua tahun dengan universitas di Amerika Serikat (Florida), Australia (Sydney, Melbourne), dan Jepang (Hiroshima, Shibaura, Kitakyushu, TIT).

Read More

Untuk melayani program pascasarjana serta untuk melakukan penelitian independen dan kolaboratif, SAPPK didukung oleh sembilan kelompok penelitian sebagai berikut: Perencanaan dan Desain Perkotaan, Perencanaan Wilayah dan Pedesaan, Sistem Infrastruktur Wilayah dan Perkotaan, Perencanaan Kebijakan dan Manajemen Pembangunan, Sistem Ekonomi dan Pemodelan, Desain Arsitektur, Teknologi Bangunan, Perumahan dan Pemukiman Manusia, dan Sejarah Arsitektur, Teori dan Kritik.

Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung (SAPPK ITB) atau Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK ITB) menawarkan tujuh disiplin ilmu utama sebagai berikut: Arsitektur, Perencanaan Kota dan Wilayah, Desain Kota, Perencanaan Transportasi, Studi Pembangunan, Perencanaan Pariwisata, dan Arsitektur Lansekap.

SAPPK menawarkan program pascasarjana berikut:

1. Program Magister dan Doktor dalam Arsitektur
2. Program Magister dan Doktor dalam Perencanaan Kota dan Wilayah
3. Program Magister dan Doktor dalam Transportasi
4. Program Magister Desain Urban
5. Program Magister Studi Pembangunan
6. Program Magister Perencanaan Pariwisata
7. Program Magister Arsitek Lansekap

SAPPK

Kegiatan SAPPK

Read Less


11. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) 

Fakultas Seni dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB) didirikan pada tahun 1984, meskipun studi pendahuluan tentang seni visual sudah diajarkan sejak awal universitas pada tahun 1947. Fakultas saat ini merupakan rumah bagi tiga seni terkait disiplin ilmu, yaitu Seni Visual, Desain, dan teknologi sosial. FSRD menawarkan pengalaman pengayaan unik di universitas dengan penekanan besar pada sains dan teknologi.

Read More

Berikut ini adalah program pascasarjana yang ditawarkan oleh FSRD:

  1. Program Magister Seni Visual
    dengan dua jalur akademis: i) jalur praktik studio yang berpuncak pada pameran atau pertunjukan, dan ii) jalur praktik penelitian di bidang estetika, teori seni, sejarah seni, atau masalah terkait lainnya dalam ranah seni visual
  2. Program Magister Desain
    Program ini menawarkan tujuh bidang penelitian desain: (1) Desain dan Artefak, (2) Desain dan Bahan, (3) Desain dan Sistem, (4) Desain dan Budaya Visual, (5) Desain dan Lingkungan, (6) Desain dan Perilaku Manusia, dan (7) Desain dan Informasi. Pada akhir studi mereka, kandidat diharapkan untuk menghasilkan tesis berbasis proyek atau berbasis penelitian
    Program Doktor dalam Seni Rupa dan Desain
    Program ini membutuhkan kandidat untuk didasarkan pada studi seni visual (lukisan, seni grafis,
    patung, dan keramik) atau studi desain (produk, visual, komunikasi, interior, dan kerajinan). Selain itu, universitas sangat mendorong kandidat untuk melakukan studi interdisipliner dalam domain penelitian kreatif.

FSRD

Kegiatan FSRD

Read Less


 

12. Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah wajah dari studi kemanusiaan dan bisnis di ITB. Dalam sejarahnya yang relatif singkat, SBM ITB kini telah menjadi salah satu sekolah bisnis paling dihormati dan paling populer di Indonesia. Saat ini, sekolah berkomitmen untuk memajukan ilmu bisnis melalui pendidikan, dan penelitian. Kegiatan penelitian berfokus pada kasus-kasus bisnis dan praktik manajemen dari perusahaan-perusahaan terkemuka dan sukses di Indonesia, sehingga membuat pengembangan ini sangat relevan dengan konteks Indonesia.

Read More

Program pascasarjana berikut ditawarkan:

  1. Magister Administrasi Bisnis
    Program ini ditawarkan di kampus Ganesha Bandung dan Jakarta. Dua lagu ditawarkan untuk program khusus ini: Jalur Kewirausahaan (MBA Kewirausahaan, MBA dalam Kewirausahaan Kreatif dan Budaya) dan Jalur Profesional (Profesional Muda, MBA Eksekutif, MBA Eksekutif Kepemimpinan Bisnis, Manajemen Umum, Kepemimpinan Global Eksekutif MBA-yang merupakan gelar ganda program antara ITB dan universitas bergengsi Finlandia, Universitas Aalto
  2. Master of Science dalam Manajemen (MSM)
    ditujukan untuk siswa dengan berbagai latar belakang yang ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam ilmu manajemen melalui penelitian. Durasi program adalah 18 bulan
  3. Doctor of Science dalam Manajemen (DSM)
    ditujukan untuk orang yang ingin menjadi sarjana dan praktisi dengan pola pikir peneliti yang inovatif, kreatif, dan independen di bidang manajemen. Beasiswa kompetitif tersedia untuk siswa berkualifikasi tinggi.

SBM

Kegiatan SBM

Read Less